PROFIL MTSN 1 BANGGAI KEPULAUAN


FORM PROFIL MADRASAH KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN


A.     Identitas Madrasah

Nama Madrasah                               :    MTs Negeri 1  Banggai Kepulauan
Status                                               :     Negeri
Akreditasi                                        :     A
Nomor Telp. / Fax                            :     -
Alamat                                             :     Jl. Raja H. Awaludin No.3 Abason
Kecamatan                                       :      Totikum
Kode Pos                                         :     94784
Alamat Website ( jika ada )             :     -
e-mail ( jika ada )                             :       mtsntotikum@yahoo.co.id
Tahun Berdiri                                   :     1987


B.        Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah


MTs Negeri 1  Banggai Kepulauan yang ada sekarang ini merupakan moumen hidup gerakan dakwah Islamiyah di Kecamatan Totikum dan sekitarnya. Cikal bakal MTs Negeri 1  Banggai Kepulauan yang didirikan pada tahun 1987 adalah bernama MTs Asy-Syifaa yang bisa diartikan Obat Penawar atau Penyembuh dengan tujuan untuk mencetak generasi Bangsa yang cerdas untuk gerakan dakwah yang lebih luas.

Lembaga pendidikan ini  didirikan oleh para pendiri pada masa itu tidak lain bertujuan :
1.                                    Mempertahankan eksistensi umat islam.
2.                                    Menanamkan keimanan dan ketaqwaan generasi muda Islam.
3.                                    Mencetak tenaga guru dan kader dakwah yang tangguh.

Apa yang diharapkan oleh para pendiri ternyata tidak sia- sia. Paling tidak ketika pergesekan sosial pada masa itu dengan berbaurnya penduduk non muslim yang hidup berdampingan dalam satu kecamatan, ternyata kekuatan umat Islam di kecamatan Totikum cukup tangguh untuk mempertahankan nilai-nilai religius. Bahkan tidak sedikit orang non muslim yang memeluk Islam dengan ketertarikan moral-moral islami yang ditunjukkan melalui syiar.


Sudah barang tentu lain masa lain pula tantanganya. Meskipun tak harus seterusnya berhadapan langsung dengan orang-orang non muslim, Dikotomi pelajar belum juga mencair sehingga masih ada jarak kultural diantara keduanya. Apalagi pada tahun itu. politik pendidikan belum memberikan  ruang gerak yang lebih luas terhadap lembaga pendidikan agama. Bersamaan dengan situasi yang semacam itu, di Kecamatan Totikum berdiri lembaga pendidikan umum yang didirkan oleh sebuah yayasan ataupun pemerintah. Maka persainganpun menjadi tak terelakkan. Keadaan ini masih diperburuk oleh kondisi sosial yang belum menguntungkan.

Masih dengan semangat yang tinggi, segala upaya dilakukan oleh pendiri untuk mempertahankan dan memajukan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya. Mengingat SKB Tiga Menterinya, yaitu menteri Agama No. 6 tahun1976, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 037/V/1975 dan Mendagri Nomor : 35 tahun 1975 tentang peningkatan mutu madrasah, maka Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banggai Kepulauan yang dulunya MTs Asy-Syifaa membuktikan kemajuannya dengan semakin meningkatnya jumlah siswa dan meningkatkan prestasi siswanya.

Namun demikian, bagi MTs Asy-Syifaa syiar tetap terus ditingkatkan untuk menayambut tantangan zaman. Pada tanggal 17 Maret 1997 MTs Asy-Syifa berubah nama menjadi MTsN Totikum dengan nomor SK 107 Tahun 1997. Dengan status ini MTsN Totikum diharapkan segera bangkit dan berkompetisi secara sehat untuk mewujudkan visi dan pengemban misi. Pada tahun 2016, 56 Madrasah di Provinsi Sulawesi Tengah berganti nama berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 680 Tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTsN) dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN). yakni 9 Madrasah Aliyah Negeri (MAN), 28 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN), 19 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Salah satunya adalah MTsN Totikum berubah nama Menjadi MTsN 2 Banggai Kepulauan. dan di awal tahun 2019 berubah nama menjadi MTsN 1 Banggai Kepulauan

C.        Visi, Misi dan Tujuan

1.                 Visi :
Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Yang Memiliki Integritas Kepribadian Yang Mandiri, Beriman, Bertaqwa dan Berakhlakul Karimah “ Berpacu Dalam Pretasi, Bersaing Dalam Mutu dan Terdepan dalam IMTAQ”.
2.                 Misi :
a.            Upaya meningkatkan mutu pendidikan Profesionalisme Guru serta lembaga pendidikan.
b.           Menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga Madrasah.
c.            Mengoptimalkan peran aktif orang tua siswa dan masyarakat.
d.           Mengoptomalkan pembinaan kegamaan dan intelektual siswa.
3.            Tujuan
a.                  Pembelajaran akan lebih menarik dan dapat meemberikan pondasi yang lebih kokoh bagi siswa.
b.                 Menjawab rasa ingin tahu siswa tentang teori-teori yang telah diperoleh dari guru mata pelajaran Bahasa.
c.                  Mendidik siswa untuk dapat mengamati dan menyimpulkan dari hasil yang diperoleh.
d.                 Membangun daya pikir siswa melalui bahasa yang benar agar siswa terbiasa dengan pemikiran kritis dan kreatif.



D.        Kondisi Objekif Madrasah

1.         Tanah yang dimiliki : 5644 Tanah Menurut Sumber ( M2 )


Sumber Tanah
Status Kepemilikan
Sudah di-
Belum di-
Sudah Sertifikat
Belum Sertifkat
Gunakan (m2)
Gunakan (m2)
Pemerintah
1
0
4644
1000
Wakaf/Sumbangan
0
0
0
0
Pinjaman / Sewa
0
0
0
0

E.   Jumlah Rombel



NO
KELAS
ROMBEL
JUMLAH SISWA
1
VII
3
76
2
VIII
3
88
3
IX
3
81
JUMLAH
9
245

F.   Data Ruang

 


No

Jenis Ruang

Jumlah
Kondisi
Baik
Rusak
Berat
Sedang
Ringan
1
Ruang Kelas
9
5


4
2
Ruang Guru
1


1

3
Ruang Kepala Madrasah
1



1
4
Ruang Tata Usaha
2
1


1
5
Ruang Lab. Computer
1



1
6
Ruang Perpustakaan
1


1

7
Ruang Kopsis
1
1



8
Ruang UKS
1


1

9
Ruang BP
1


1

10
Musholla
1



1
11
Gudang
1

1


12
Kamar Mandi
4

2
1
1
JUMLAH
24
7
3
5
9

G.   Data Guru dan Pegawai

 

No
Status Guru
Jumlah
Tingkat Pendidikan



SMA
D1
D2
D3
S1
S2
1
Guru Tetap / PNS
13




12
1
2
Pegawai Tetap / PNS
2
1



1

3
Guru Tidak Tetap / Non PNS
20




20

4
Pegawai Tidak Tetap / Non PNS
6
4


1
1

JUMLAH
39
5


1
24
1






Tidak ada komentar:

Posting Komentar